Sejarah Sepak Bola dan Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Cabang olah raga yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta olah raga,baik di tanah air maupun mancanegara. Peminatnya pun sangat sangat banyak,permainan ini di mainkan oleh dua tim di setiap tim berisi 11 orang,menggunakan sebuah bola dari kulit dengan kualitas yang baik,permainan ini biasanya menggunakan waktu 90menit.

Apa Itu Sepak Bola?

Cabang olah raga sepak bola ini biasa di mainkan dalam sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dan pada dua sisinya masing masing terdapat sebuah gawang yang harus di jaga oleh seorang kiper.

Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah cabang olah raga sepak bola secara singkat dan jelas.

 

Kata sepak bola terdiri dari dua kata yakni sepak dan bola yang masing-masing mempunyai arti:

  1. Kata sepak mempunyai arti melangkah dengan bola.

  2. Sedangkan Bola mempunyai arti mainan yang berbentuk bundar terbuat dari kulit atau karet.

Sepak bola dalam bahasa inggris biasa disebut dengan football,kalau di Amerika Serikat disebut dengan istilah soccer.

Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola sendiri muncul pada abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok pada masa Dinasty Han,di masa itu permainan sepak bola di mainkan dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit dan dilemparkan ke dalam jaring kecil.

 

Setelah muncul permainan sepak bola secara tradisional pada wilayah Jepang dan Cina,permainan ini kemudian berkembang pesat dan menjadi permainan yang modern. Di Inggris dan Italia permainan ini berkembang sangat kuat. Permainan ini mempunyai aturan dasar yang sangat jelas yang membuat olahraga ini begitu populer  di inggris dengan berbagai kelompok,bukan cuma inggris bahkan di seluruh belahan dunia.

 

Selain itu permainan sepak bola dan rugby terdapat sebuah pemisahan,pada tahun 1869 membawa bola dengan tangan pada permainan sepak bola dilarang, yang membuat permainan ini menjadi sangat populer dan menjadi favorit di banyak belahan dunia.

 

Pada tahun 1904 sebuah organisasi sepak bola dunia berdiri dengan sebutan FIFA. Dengan berdirinya organisasi tersebut sebuah kompentisi dimulai  di berbagai negara  di dunia. Salah satu pertandingan dunia yang digelar untuk semua negara adalah Piala Dunia atau World Cup, dimana hampir seluruh negara didunia yang menduduki peringkat teratas dan lolos kualifikasi boleh mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Tujuan Olahraga Sepak Bola

Yang menjadi tujuan utama dalam permainan sepak  bola adalah membuat gol atau mencetak skor paling banyak dialah tim yang memenangkan pertandingan tersebut, selain dari tujuan utama membuat gol atau skor, dalam permainan sepak bola juga ada tujuan lain yang tidak tertulis seperti

  1. Bisa mempertahankan dan menciptakan sebuah atmorfer pertandingan antar para pemain dengan adil.

  2. Bermain sepak bola bisa menciptakan sebuah daya kesehatan bagi para pemainya

  3. Memperkokoh atau mempersolid kerjasama antar pemain dalam sebuah tim sepak bola

  4. Dengan bermaian sepak bola kita bisa menciptakan tujuan yang lebih tinggi untuk mendapatkan prestasi yang bisa dibanggakan baik untuk pemain ataupun untuk tim itu sendiri.

Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola ada beberapa teknik dasar yang harus para pemain miliki dan pahami, dimana dengan memiliki teknik dasar ini para pemain dapat melakukan suatu pertandingan sepak bola yang atraktif, berikut ini penjelasan mengenai teknik-teknik dasar dalam sepak bola

Menendang bola (Kicking)

Teknik yang pertama adalah teknik pemain untuk bisa menendang bola, baik menendang secara pelan atau secara kuat namun terarah. Dengan teknik ini para pemain juga bisa mengukur dan mengontrol tenaga mereka ketika sedang melakukan tendangan.

Menggiring bola (Dribbling)

Melakukan Dribbling atau menggiring bola memiliki tujuan untuk membuat bola menggelinding ke area lawan dan diusahakan agar bola tidak sampai direbut olah lawan, dengan teknik dribbling yang baik maka pemain sepak bola bisa melakukan aksi yang atraktif dilapangan seperti solo run atau berlari sendiri sambil menggiring bola.

Menyundul bola

Selain kita memasukan sebuah gol atau melakukan umpan dengan menggunakan kaki, kita juga bisa menggunakan anggota badan yang lain yaitu kepala, dimana anggota tubuh kita ini yaitu kepala bisa digunakan untuk mengumpan ataupun melakukan sundulan untuk mencetak gol.

Merampas bola (Tackling)

Tekni yang satu ini adalah sebuah teknik dalam sepak bola untuk bisa merampas atau merebut bola dari lawannya. Dengan teknik tackling yang benar maka tidak akan mengakibatkan pemain lawan cedera.

Lemparan kedalam

Walaupun sebenarnya seperti hal yang sepele namun teknik dalam melakukan lemparan kedalam juga harus diasah, karena aturan dari melakukan lemparan kedalam adalah tidak boleh kaki melewati garis pinggir lapangan dan harus menggunakan dua tangan.

Menjaga gawang (Goal Keeping)

Teknik yang satu ini memeng lebih dikhususkan untuk para kiper, dimana teknik ini digunakan untuk bisa menangkap atau menghentikan bola bisa masuk kedalam gawang, namun sebenarnya tidak hanya kiper saja yang membutuhkan teknik ini, namun pemain lain seperti posisi bek juga bisa menggunakan teknik ini hanya saja tidak boleh menggunakan tangan.

Sepatu Sepak Bola

Sepak Bola juga memiliki desain sepatu yang berbeda dengan olahraga lainnya, karena pada bagian bawah sepatu bola memiliki tonjolan yang bernama spul yang didesain khusus agar para pemain dapat berlari dan memainkan bola dengan mudah dilapangan tanah yang berumput.

Untuk itu, jika kalian ingin menjadi pemain sepak bola. Kalian harus berinvestasi sepatu sepak bola yang sesuai standard yang ada. Kalian sekarang ini bisa membeli sepatu bola merk terkenal seperti Nike, Adidas, Puma dan merk lainnya dengan harga murah di toko online bernama Sporti.

Itulah perkembangan sejarah dari permainan sepak bola dari sejarah adanya sepak bola sampai dengan permainan sepak bola yang ada sampai saat ini.