Berkenalan Dengan Windows XP

Windows XP merupakan salah satu sistem operasi keluaran Microsoft Corporation yang berbasis grafis. Sistem operasi Windows XP bisa digunakan pada komputer rumahan ataupun untuk menunjang bisnis skala kecil.

Pertama kali Windows XP dirilis pada tanggal 25 Oktober 2001. Kata XP pada windows sendiri merupakan singkatan dari Experience. Kemunculan Windows XP merupakan penerus atau upgrade dari Windows 2000 Professional dan Windows Millenium Edition atau Windows ME.

Sebenarnya sebelum Windows XP secara resmi dirilis, Microsoft juga sedang mempersiapkan Windows generasi terbaru lainnya yang akan meneruskan generasi Windows ME yang disebut dengan Windows Neptune. Dimana Windows Neptune nantinya akan diproyeksikan sebagai Windows NT versi rumahan.

Namun karena Windows ME kurang sukses dipasaran dan tidak bisa menyaingin Windows 98. Akhirnya Microsoft memutuskan untuk menggabungkan sistem operasi berbasi Windows NT dan Windows 9x kedalam satu produk yang akhirnya dikenal dengan nama Windows XP.

Sehingga bisa dikatakan bahwa Windows XP merupakan OS pertama yang dibuat oleh Microsoft sebagai penerus OS bernama Windows ME yang sistem kerjanya masih menggunakan Windows NT. Untuk versi dari Windows XP ada beberapa seperti Windows XP Professional 64-bit Edition For Itanium, Windows XP Professional x64 Edition,  Windows XP Professional dan Windows XP Home Edition.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai apa saja versi Windows XP yang kami kutip dari technicaltalk.net, langsung saja simak beberapa informasi dibawah ini.

Windows XP Home Edition

Pada versi Windows XP Home Edition, microsoft menargetkan pelanggan rumahan. Pasalnya Windows XP Home Edition memiliki dukungan jaringan yang terbatas, dimana Windows XP Home Edition tidak didesain untuk sistem yang bisa digunakan oleh banyak pengguna.

Keterbatasan fitur jaringan yang ada pada Windows XP Home Edition diantaranya tidak memiliki sistem berkas terenkripsi bahkan tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory.

Selain itu OS Windows XP Home Edition walaupun bisa digunakan untuk membuat folder dan berkas untuk dikelola tetapi OS ini tidak dapat digunakan untuk menjadi sebuah server yang dapat diakses banyak pengguna sekaligus. Adapun keterbatasan fitur yang dimiliki Windows XP Home Edition lain nya yaitu tidak memiliki Internet Connection Sharing atau ICS.

Windows XP Professional

Dibandingkan dengan Windows XP Home Edition, Windows XP Profesional memiliki fitur jaringan yang lebih baik. Hal itu karena Windows XP Professional dibuat secara khusus untuk pengguna komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan yang dikelola oleh Active Directory yang dimiliki Windows Server 2003 atau Windows 2000 Server

Selain memiliki fitur jaringan yang lebih baik, banyak juga fitur lain yang dimiliki oleh Windows XP Profesional tetapi tidak dimiliki oleh Windows XP Home Edition. Dengan kata lain fitur yang dihadirkan Windows XP Professional jauh lebih lengkap dibandingkan fitur yang ada pada Windows XP Home Edition.

Meskipun bisa menjadi komputer server, namun komputer server yang menggunakan Windows XP Profesional hanya dapat menampung maksimal hanya sebanyak sepuluh client saja untuk bisa login secara bersamaan. Sehingga apabila jumlah client mencapai ratusan maka tidak bisa melakukan login secara bersamaan.

Windows XP Professional x64 Edition

Untuk Windows XP Professional x64 Edition sendiri merupakan Windows XP Profesional yang khusus untuk prosesor dengan arsitektur x86-x64. Bagi kalian pengguna prosesor AMD, untuk bisa menggunakan Windows XP Professional x64 Edition minimum harus menggunakan arsitektur AMD64 seperti Opteron dan Athlon 64.

Sedangkan kalian yang menggunakan prosesor Intel untuk bisa menggunakan Windows XP Professional x64 Edition minimal kalian harus menggunakan prosesor Intel Pentium 4 dengan Ekstensi EM64T. Adapun perbedaan Windows XP Professional x64 Edition dengan Windows XP Profesional yaitu terletak pada dukungannya terhadap akses memori lebih besar.

Windows XP Professional 64-bit Edition For Itanium

Kalo dilihat dari segi penjualannya, Windows XP Professional 64-bit Edition For Itanium termasuk versi yang sangat terbatas. Windows XP Professional 64-bit Fro Itanium mendukung teknologi mikroprosesor yang bagus yaitu IA-64.

Dimana teknologi mikroprosesor IA-64 tersebut digunakan oleh prosesor Intel Itanium dan Intel Itanium 2. Dengan kata lain Windows XP Professional 640bit mendukung semua fitur yang ada pada prosesor Intel Itanium. Namun sayangnya tidak banyak aplikasi yang didesain khusus untuk prosesor Itanium.

Oleh karena itu penjualan Windows XP Professional 64-bit Edition For Itanium tidak seramai Penjualan Windows XP versi lain nya. Perlu diketahui bahwa Windows XP Professional 64-bit Edition For Itanium mendukung semua arsitektur bawaan prosesor Itanium seperti GPT atau GUID Partition Table dan EFI atau Extensible Firmware Interface.

Bisa dibilang OS ini memiliki kinerja paling efektif, akan tetapi prosesor Itanium tidak bisa menjalankan program yang ada di versi Windows XP x64 dan Windows XP 32-bit. Selain itu Windows XP Professional 64-bit Edition For Itanium juga tidak dibekali dengan instruksi khusus untuk akselerasi multimedia seperti yang ada pada Windows XP versi 32-bit dan juga Windows XP versi x64.

Itulah beberapa informasi mengenai Windows XP, baik dari sejarahnya sampai jenis ataupun versinya. Semoga dengan informasi tentang windows XP diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian tentang OS legendaris satu ini.