Inilah 3 Perbedaan Website dan Blog Yang Harus Kamu Ketahui

Tahukah kamu Perbedaan Website dan Blog? Banyak orang yang terkadang menganggap antara blog dengan website adalah produk yang sama. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda satu dengan yang lain. Meskipun ketika nampak di internet akan terlihat serupa. Tapi blog dengan website adalah dua hal yang sangat berbeda. Blog biasanya menumpang pada forum tertentu seperti blogspot, wordpress dan sebagainya.

Sementara website umumnya memiliki lahan sendiri yang dikenal dengan istilah hosting. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai perbedaan antara website dengan blog agar kamu bisa memahami keduanya. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang Perbedaan Website dan Blog secara umum untuk kamu yang belum memahaminya.

Sekilas Tentang Blog dan Website

Sebelum membahas Perbedaan Website dan Blog, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari keduanya. Website secara sederhananya bisa diartikan sebagai sebuah halaman online yang memiliki domain sendiri dan berbayar, dan dikelola oleh perusahaan, instansi atau pribadi. Sementara itu, blog adalah ada di dalam sebuah website. Dengan kata lain, blog berdiri dan ditampung dalam sebuah website penyedia layanan blog tersebut.

Website dikelola oleh pribadi dengan memiliki hosting atau layanan sendiri. Sedangkan blog juga dikelola secara pribadi, akan tetapi layanan tersebut menumpang pada sebuah website yang bersangkutan. Sebagai contoh, website itu seperti situs Tirto, Indoprogress, Goelive, Mojok, dan lain sebagainya. Dan contoh dari sebuah blog adalah halaman online yang memiliki domain seperti .blogspot.com, .wordpress.com dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui pengertian antara blog dan website, setidaknya kamu mendapat sedikit gambaran yang mengantarkan kamu untuk memahami perbedaan antara keduanya. Kita gunakan satu analogi sederhana. Ibarat antara nama tanaman dengan tanaman itu sendiri. Semisal, kita ibaratkan website adalah canabis, sedangkan blog adalah tanaman. Cannabis adalah jenis tanaman, tapi tidak semua tanaman adalah cannabis.

Jadi, kesimpulan yang di dapat adalah sebuah website bukanlah blog dan sebuah blog itu termasuk ke dalam website. Website berdiri sendiri dan blog berdiri di dalam tata kelola dari sebuah website. Blog di dalam website. Itu kesimpulan yang paling tepat untuk menggambarkan posisi antara blog dan website.

pexels.com

Perbedaan Antara Blog dengan Website

Setelah kamu mengetahui mengenai sekilas pengertian dari website dan blog, berikutnya akan kami jelaskan tentang Perbedaan Website dan Blog yang bisa kalian ketahui secara umum.

1. Segi Konten

Meski dari segi konten terbilang beda tipis, tapi kita bisa ketahui jika kita jeli perbedaan keduanya. Sebuah blog umumnya berisi konten-konten seperti artikel, video, gambar dan lain sebagainya. Umumnya sebuah blog membuat konten yang bersumber dari kegelisahan penulis atau pengelola blog tersebut.

Akan tetapi terkadang blog juga memuat tulisan yang berat, seperti pemikiran-pemikiran atau informasi penting dari segi apapun semisal kesehatan, teknologi dan lain sebagainya. Sementara itu, website pada umumnya lebih mementingkan sebuah konten yang penting dan berguna untuk khalayak ramai. Semisal website portal berisi seperti Tirto, semua konten yang dibahas juga tentang berita-berita real time yang sedang hangat di perbincangkan.

Tapi tidak menutup kemungkinan sebuah website menyediakan konten yang bersifat personal. Karena sekarang siapapun bisa memiliki website dengan membeli hosting harga yang murah. Intinya adalah baik website maupun blog dari segi konten terdapat perbedaan tipis, namun jika hanya ditelisik dari konten tidak terlalu gamblang perbedaan keduanya.

2. Segi Komunikasi

Perbedaan berikutnya antara blog dengan website adalah dari segi arah komunikasi. Sebuah blog biasanya memiliki alur komunikasi yang lebih interaktif. Dalam artian sebuah blog lebih sering berkomunikasi dengan pengunjung blog. Hal ini dikarenakan umumnya sebuah blog dikelola secara pribadi. Dengang begitu, pemilik blog bisa membalas komentar dari pengunjung blog mereka.

Sedangkan sebuah website memiliki komunikasi satu arah. Website biasanya tidak meladeni komentar dari pengunjung atau pembaca. Karena memang tidak perlu dibalas. Juga dikarenakan sebuah website terkadang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Sehingga karyawan dari website tersebut lebih fokus menyajikan konten yang menarik ketimbang harus membalas komentar dari pengunjung.

pexels.com

3. Segi Bahasa

Perbedaan berikutnya antara blog dan website adalah dari segi tata bahasa. Blog tidak ada aturan yang mengharuskan pengelola menggunakan tata bahasa yang baku sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia. Karena blog bersifat personal dan gaya bahasa dari penulisan artikel blog tersebut sesuka dan senyaman dari penulis atau pengelola blog tersebut.

Sedangkan website yang dimiliki oleh perusahaan, terlebih perusahaan media sudah pasti akan mementingkan tata bahasa. Gaya bahasa dari sebuah website juga lebih formal dan baku. Maksud dari gaya bahasa yang formal dan baku dari sebuah website adalah agar terkesan profesional dan tidak asal-asalan dalam membuat sebuah konten di website tersebut.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan lengkap mengenai Perbedaan Website dan Blog secara umum. Pada intinya perbedaan sangat jelas dari beberapa faktor yang telah kami ulas diatas. Dan jika kalian tertarik untuk membuat blog atau website, kalian harus mencari Kode promo niagahoster untuk mendapatkan potongan harga pembelian hosting dan domain di Niagahoster dengan diskon sampai 75% loh.