5 Makanan Penambah Berat Badan Bayi 6 Bulan Keatas

Berat badan si kecil yang masih dibawah normal membuat kecemasan hadir pada diri orang tua. Terutama untuk sang ibu yang pasti ingin agar anaknya mendapatkan asupan yang terbaik. Namun, ketika berat badan si kecil masih rendah, pasti ada berbagai cara diupayakan agar pertumbuhan dan peningkatan berat badan si kecil bisa normal kembali.

Untuk mendapatkan asupan gizi yang sesuai bagi bayi 6 bulan memang cukup mudah. Sayangnya, beberapa bayi di usia ini masih kesulitan menerima makanan baru yang dikenalkan terhadapnya. Oleh karena itu, sang ibu harus pelan-pelan memberikan konsumsi variasi makanan yang disukai untuk membantu meningkatkan berat badan si kecil.

Pentingnya Makanan di Usia 6 Bulan Keatas

Pixabay.com

Perhatian ibu pasti akan terbagi ketika si kecil sudah mulai dikenalkan dengan MPASI. Setelah enam bulan lamanya mengonsumsi ASI, kini si kecil harus mendapatkan asupan gizi baru dari makanan konsumsi padat. Nah, untuk beberapa jenis makanan yang tersedia, termasuk memberikannya konsumsi bubur bayi organik. Bayi 6 bulan keatas juga harus diperhatikan kebutuhan makanannya agar bisa menambah berat badan sesuai yang disarankan.

Banyak jenis makanan penambah berat badan bayi 6 bulan keatas yang bisa dicoba di rumah. Kondisi berat badan bayi yang masih dibawah normal tidak lantas membuat bayi harus diberikan asupan penambah berat badan tanpa takaran. Ada beberapa makanan yang sesuai untuk usia bayi 6 bulan keatas dan cocok sebagai peningkat berat badan secara alami. Antara lain seperti bahan berikut ini!

1.      Brokoli

Meski bayi 6 bulan masih belum begitu menyukai sayuran, namun sebaiknya tetap diberikan asupan dari sayuran hijau. Brokoli menjadi salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi dan baik bagi bayi. Brokoli juga menjadi sayuran yang akrab bagi berbagai menu MPASI. Dengan kandungan serat, folat, serta kalsium, sayuran ini bermanfaat besar bagi tumbuh kembang si kecil.

Brokoli juga merupakan sayuran dengan kemudahan untuk dimasak. Biasanya, brokoli disajikan dengan cara dikukus atau direbus sampai lunak. Kombinasikan brokoli dengan nasi tim atau daging rebus untuk MPASI yang lezat bagi si kecil.

2.      Jeruk

Buah yang kaya vitamin C ini ternyata bisa dan boleh diberikan untuk bayi usia 6 bulan keatas. Jeruk juga kaya akan kandungan vitamin lainnya serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, serta jaringan tubuh yang lain. Konsumsi jeruk bagi bayi usia 6 bulan keatas juga membantu penyerapan zat besi, sehingga bisa membantu meningkatkan berat badan bayi.

Selain itu, jeruk juga mengandung cairan dan serat alami. Mengonsumsi jeruk bisa dengan cara dimakan langsung atau dicairkan sebagai minuman untuk diberikan kepada bayi. Cara ini bisa membuat bayi tetap terjaga agar tidak dehidrasi.

3.      Daging

Daging adalah bahan makanan yang kaya akan protein dan zat besi. Kandungan penting tersebut bisa membantu bayi usia 6 bulan keatas untuk meningkatkan berat badannya. Daging yang digunakan bisa berupa daging ayam, ikan ataupun daging sapi. Diperkaya dengan zinc serta omega 3, maka konsumsi daging sangat dianjurkan bagi bayi.

Daging apapun jenisnya bisa dimasak dengan mudah. Namun, perhatikan tekstur daging yang akan diberikan pada si kecil dengan cara menggilingnya terlebih dulu sebelum dimasak. Berikan tekstur lembut untuk si kecil yang akan belajar mengunyah. Pastikan menu untuk variasi daging juga berganti agar tidak membosankan.

4.      Kacang-Kacangan

Kaya akan zat besi dan protein, ternyata kacang-kacangan seperti almond juga bisa diberikan pada bayi usia 6 bulan keatas. Kacang mengandung serat alami, folat, dan seng yang diyakini mampu membantu peningkatan berat badan untuk si kecil. Selain itu, kacang juga mengandung bahan untuk meningkatkan kecerdasan otak si kecil.

Konsumsi kacang-kacangan diperbolehkan dengan cara penyajian khusus. Biasanya untuk bayi berusia 6 bulan keatas, kacang almond merupakan jenis kacang paling aman. Rebus dan tumbuk halus untuk kemudian dicampur dengan menu MPASI.

5.      Ubi

Ubi ternyata menjadi bahan penting pendamping ASI yang disarankan untuk peningkatan berat badan bayi usia 6 bulan keatas. Ubi juga kaya karbohidrat yang diperlukan untuk membantu asupan gizi si kecil. Memanfaatkan ubi dengan cara direbus adalah langkah yang direkomendasikan bagi orang tua yang mengalami masalah berat badan bayi.

Selain kandungan karbohidrat yang tinggi, Ubi juga mengandung serat alami serta berbagai bahan penting seperti beta-karoten, kalium, zat besi, serta antioksidan. Tentu saja manfaat yang diberikan juga akan maksimal. Ubi juga memiliki rasa manis, sehingga banyak menu yang bisa dipadukan.

6.      Keju

Bahan makanan lainnya yang juga berfungsi meningkatkan berat badan si kecil adalah keju. Berasal dari proses fermentasi susu, ternyata keju memiliki banyak manfaat. Keju kaya akan kandungan kalsium, protein, berbagai vitamin, selenium, dan fosfor. Semua bahan tersebut sangat berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan si kecil.

Pixabay.com

Beberapa jenis makanan diatas bisa menjadi alternatif ketika bayi sedang bosan dengan menu hariannya. Praktikkan beberapa resep makanan penambah berat badan bayi 6 bulan keatas tersebut untuk menambah nafsu makan si buah hati dengan tetap memerhatikan asupan gizi harian untuk meningkatkan tumbuh kembang dan berat badan bayi.