Mengetahui Laporan Kegiatan Seminar Beserta Format Penulisannya

Laporan kegiatan seminar ialah salah satu wujud pertanggung jawaban yang sengaja dibuat untuk dijadikan sebagai bukti bahwa pembuat laporanĀ  benar-benar melakukan atau melaksanakan apa yang telah tertulis dalam laporan tersebut. Hal yang tertulis didalamnya tidak terlepas dari kegiatan seminar yang telah terlaksana. Dalam pembuatan laporan kegiatan seminar terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, beberapa diantaranya yakni struktur dan format pembuatannya. Adanya format dan struktur yang benar menentukan kelengkapan pembuatan dan penulisan laporan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk diketahui mengenai susunan dan format penulisan yang benar, berikut ialah penjelasannya

Format Penulisan Laporan Untuk Menghadiri Kegiatan Seminar

  1. Nama instansi penyelenggara seminar disertai alamat yang sesuai. Contohnya seperti lembaga pendidikan, bisnis, sekolah, universitas dan perusahaan.
  2. Nama kegiatan atau tema yang diusung dalam event seminar yang berlangsung.
  3. Waktu pelaksanaan seminar, hal ini harus dituliskan secara jelas dan detail kapan seminar tersebut berlangsung mulai dari tahun, bulan, hari dan tanggal serta pukul berapa kegiatan berlangsung.
  4. Tempat pelaksanaan seminar juga harus dituliskan secara jelas, mulai dari nama jalan, desa atau kelurahan, kecamatan, kabupaten atau kota sampai provinsi sekalipun. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat adanya beberapa nama tempat yang hampir mirip atau sama.
  5. Tujuan diadakannya seminar harus ditulis secara jelas agar bisa diketahui apa manfaat dan keuntungan mengikuti sebuah acara seminar beserta siapakah sasaran yang dituju dalam sebuah seminar. Jangan sampai seminar yang terlaksana dan tema yang diusung menjadi tidak sinkrom sehingga terjadi salah sasaran terhadap peserta seminar.
  6. Materi seminar yang nantinya bisa bermanfaat dan berdampak bagi suatu aspek kehidupan tertentu sesuai dengan tema yang diusung.
  7. Dampak atau akibat yang muncul setelah adanya seminar.
  8. Bagian penutup seminar.

Selain itu, laporan kegiatan seminar juga ditulis atau dibuat oleh tim penyelenggara seminar. Berikut ialah format penulisannya

pxhere.com

Format Penulisan Laporan Kegiatan Bagi Tim Penyelenggara Seminar

  1. Cover depan laporan seminar yang menunjukkan identitas secara singkat mengenai tim penyelenggara. Biasanya berupa nama instansi beserta logo, alamat, nomor telepon dan beberapa informasi penting lainnya.
  2. BAB 1 berisi pendahuluan yang memuat beberapa hal seperti:
  • Kata Pengantar

Latar Belakang yang menjelaskan mengenai apa alasan dan dasar yang menentukan sebuah kegiatan atau event seminar bisa terslenggara.

  • Maksud dan Tujuan memberikan penjelasn secara detail dan mendalam mengenai poin yang hendak dicapai disertai apa alasan yang akan dicapai dalam sebuah event seminar.
  • Tema Kegiatan memberikan gambaran mengenai tema yang diusung dalam sebuah seminar.
  • Waktu Kegiatan ditulis secara detail mulai dari hari, tanggal, tahun dan jam berlangsungnya seminar.
  • Tempat Kegiatan berupa alamat yang jelas dan mudah dipahami seperti nama jalan, kota dan daerah yang jelas.
  • Sasaran Kegiatan Seminar ialah penulisan sasaran atau orang yang menjadi sasaran dalam sebuah seminar, seperti misalnya seminar khusus edukasi maka sasarannya ialah siswa, mahasiswa dan tenaga pengajar.
  • Susunan Panitia merupakan bagian yang biasanya ditulis dalam lampiran, sedangkan susunan panitia yang dimaksud ialah susunan inti saja.
  1. BAB 2 menjelaskan tentang tim pelaksana kegiatan yang berisi:
  • Rundown Acara merupakan rencana awal acara beserta realisasi atau pelaksanaan rundown yang telah berhasil dibuat dan akan dilaksanakan. Dalam hal ini juga memuat perbedaan waktu ketika misalnya terjadi kemoloran waktu dari rundown dengan realisasi pelaksanaannya.
  • Narasumber dan Tema Materi yang dibawakan harus ditulis secara jelas yakni nama narasumber disertai tema yang diusung dalam seminar tersebut.
  • Anggaran Dana merupakan salah satu bagian yang dimasukkan dalam lampiran, hal ini juga harus ditulis secara detail mulai dari pengeluaran terbesar sampai pengeleuaran terkecil serta berasal darimanakah dana tersebut.
  • pxhere.com

  1. BAB 3 menjelaskan mengenai hasil kegiatan seminar yang berisi tentang:
  • Gambaran Umum merupakan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan ketika seminar berlangsung.
  • Laporan Evaluasi Panitia ialah laporan mengenai kendala dan hambatan yang muncul dari setiap devisi dalam panitia atau tim inti penyelenggara acara seminar.
  1. BAB 4 berupa penutup yakni kesimpulan dan saran.
  • kesimpulan secara singkat dan jelas dari materi yang telah disampaikan ditulis dalam bagian ini.
  • Saran ialah solusi dari permasalahan dan kendala yang muncul dalam acara seminar. Selain itu, saran juga berisi kritik agar menjadi lebih baik di masa yang akan datang mulai dari hal persiapan sampai acara seminar selesai.
  1. Lampiran

Dari kedua sub judul mengenai format penulisan laporan kegiatan seminar di atas bisa diketahui perbedaan yang terdapat antara tim penyelenggara dan peserta seminar. Adanya kedua laporan ini sama-sama penting dan bermanfaat, baik bagi panitia ataupun peserta seminar. Oleh sebab itu, perhatikan format penulisan laporan dengan cermat sebelum Anda menulis laporan kegiatan ini.

Dengan demikian, mengikuti sebuah seminar ialah salah satu hal yang bermanfaat dan baik untuk mengisi waktu luang, disamping mendapatkan materi yang bermanfaat, Anda juga bisa memperoleh paket seminar kit, merchandise dan sertifikat seminar yang akan bermanfaat kelak di kemudian hari. Adapun contoh paket souvenir atau merchandise yang kerap digunakan bisa Anda lihat dalam akun Instagram @aleta_leather dan channel YouTube ALETA ID.