Kapan Waktu Sholat Istikharah dan Bagaimana Cara Mengetahui Hasilnya

Penting untuk diketahui jika ada waktu tersendiri kapan waktu sholat istikharah. Secara otomatis waktu sholat istikharah ini ada ketentuan waktunya. Dan hal penting lain yang harus Anda tahu juga adalah ada beberapa waktu yang tidak diperbolehkan untuk melaksanakan sholat istikharah.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu sampai sedetail itu. Kebanyakan mereka hanya tahu jika sholat istikharah adalah sholat sunah dua rakaat dengan tujuan meminta petunjuk dari Allah SWT.

Padahal tidak sesimpel itu memahami sholat istikharah. Sebab ada tata cara tersendiri untuk mengerjakannya. Apalagi terkait dengan waktu pelaksanaannya. Ditambah lagi ada beberapa waktu yang menjadi larangan untuk melakukan sholat istikharah ini.

Tujuan Sholat Istikharah

Di dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, Sholat Istikharah termasuk salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Utamanya pada saat tengah bimbang dalam memilih perkara yang memiliki beberapa opsi.

Pendapat dari Imam Nawawi ini didasarkan dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Pada hadits tersebut dijelaskan jika Rasulullah SAW menganjurkan ketika seorang muslim hendak melakukan sebuah perkara atau urusan maka rukuklah atau sholatlah sebanyak dua rakaat. Setelah itu memohon untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT.

Dari redaksi hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari di atas, ada kata yang bisa menjadi poin penting dalam memahami hadits tersebut. Kata tersebut adalah al-amr. Al-amr sendiri memiliki arti perkara atau urusan dengan kandungan makna yang bersifat umum.

Nah, di sinilah poin pentingnya. Misalnya saja terkait dengan perkara atau urusan yang bersifat wajib. Dalam hal ini perkara atau urusan wajib meskipun bersifat umum tidak perlu untuk diistikharahi.

Alasannya adalah dalam perkara wajib seperti ini kita tidak memiliki pilihan lain. Dengan kata lain semua perkara wajib harus dilakukan. Secara otomatis semua perkara yang diharamkan harus kita tinggalkan.

Artinya perkara seperti ini tidak butuh diistikharahi. Misalnya sholat, puasa, dan lain sebagainya. Begitupun juga hal tersebut berlaku untuk sesuatu yang diharamkan dalam agama. Misalnya saja seperti mencuri.

Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Istikharah

Tidak semudah menentukan waktu sholat fardu yang kini bisa dibantu dengan keberadaan jam digital masjid yang harga jam digital masjid kini juga sangat terjangkau, waktu sholat istikharah tidak bisa. Oleh sebab itu Anda harus mencari tahu sendiri kapan waktu sholat istikharah. Utamanya waktu terbaik untuk sholat istikharah.

Sebelum mengulas kapan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat istikharah, penting juga untuk tahu kapan waktu solat istikharah. Apakah sholat sunnah ini bisa dikerjakan kapan pun? Atau memang waktu pengerjaannya ditentukan.

Sholat istikharah sendiri bisa dikerjakan kapan pun. Baik dikerjakan di siang hari maupun malam hari. Namun khusus untuk sholat istikharah ini ada tapinya. Sebab sholat Sunnah ini tidak boleh dikerjakan pada beberapa waktu yang menjadi larangan mengerjakan sholat sunah.

Setidaknya ada tiga waktu serang muslim mengerjakan sholat sunah. Pertama adalah waktu sehabis sholat subuh hingga matahari meninggi kira-kira satu tombak. Kedua adalah waktu istiwa. Dan ketiga adalah waktu sehabis sholat ashar hingga matahari tenggelam.

Artinya selain ketiga waktu tadi, sholat istikharah boleh dikerjakan. Meskipun demikian, ada waktu terbaik untuk melaksanakan sholat istikharah. Yaitu mengerjakannya pada saat malam hari. Utamanya pada sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir ini dimulai pada jam 01.00.

Cara Mengetahui Hasil Istikharah

Banyak yang memahami bahwa jawaban dari istikharah dikirim oleh Allah SWT lewat mimpi. Benarkah demikian? Yang benar sebenarnya adalah hasil sholat istikharah adalah kemantapan hati. Biasanya setelah melakukan sholat istikharah hati Anda akan lebih condong ke satu pilihan. Artinya jawaban istikharah yang sudah Anda lakukan tidak harus lewat mimpi.

Dalam hal ini, Syeikh Wahbah Az Zuhaili memberikan sebuah nasihat berkaitan dengan jawaban sholat istikharah. Beliau menasihatkan jika pada saat istikharah pertama yang Anda lakukan belum mendapatkan petunjuk, maka sebaiknya sholatnya diulangi sampai tujuh kali.

Dari apa yang dinasihatkan oleh Syeikh Wahbah Az Zuhaili ini bisa diambil kesimpulan jika jawaban dari sholat istikharah ini ada yang tidak langsung seketika. Itulah kenapa Beliau memberikan nasihat untuk mengulanginya hingga tujuh kali jika memang Anda belum juga mendapat petunjuk dari Allah SWT.

Itulah beberapa poin tenting berkaitan dengan sholat istikharah. Meskipun sholat ini sangat populer, sayangnya masih cukup banyak yang belum memahaminya secara lebih menyeluruh. Contoh hal yang paling sederhana adalah kapan waktu sholat istikharah.