7 Cara Memilih SD Card Kamera untuk Menampung Hasil Jepretan Foto

Beberapa kamera sudah dilengkapi dengan memori internal yang cukup besar. Terkadang juga dilengkapi dengan slot Micro SD, untuk menyimpan foto. Namun bagi anda yang hobi memotret sepertinya butuh memori eksternal. Karena memori internal tidak cukup menampung jumlah foto dan video yang banyak. Maka dari itu anda perlu cara memilih SD Card kamera, untuk melihat mana yang bagus untuk kamera. Simak ulasannya berikut ini.

SD Card Terbaik dengan Kecepatan Tinggi

Pixabay.com

  1. Pilih Sesuai dengan Perangkat

SD Card memiliki tiga macam jenis yaitu SD Card, SDHC, dan SDXC yang bisa menampung banyak file. Namun anda perlu tahu bahwa SD Card untuk smartphone dan kamera jenisnya berbeda. Setiap jenis SD Card memiliki kapasitas yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan perangkat yang membutuhkan. Untuk SD Card dengan kapasitas 4GB anda bisa menyimpan sekitar 1000 gambar, dan video Full HD dengan durasi 30 menit.

Jenis SD Card 2 GB cocok untuk menyimpan foto di perangkat lama, karena standarnya lebih kecil. Anda bisa menjadikan SD Card sebagai penyimpanan album foto sementara, sebelum dipindah ke komputer. Berbeda dengan jenis SHDC 16 GB hingga 32 GB yang memiliki kapasitas memori kelas menengah. Ia akan menyimpan foto dan video dalam jumlah banyak misalnya saat pergi berlibur. Kartu ini direkomendasikan untuk penyimpanan eksternal pada kamera, karena ruangnya lebih leluasa.

Jenis SDXC dengan kapasitas 64 GB untuk menyimpan foto dan video, yang berkualitas tinggi. Biasanya sering digunakan oleh fotografer profesional, yang memiliki banyak sesi pemotretan. Atau para youtuber yang harus menyimpan konten video dengan resolusi 4K. Jadi tidak cukup jika hanya mengandalkan memori internal, karena kemungkinan bisa merusak kamera. Cara memilih SD Card kamera harus disesuaikan dengan kebutuhannya.

  1. Punya Daya Transfer Tinggi

Ketika melakukan sesi pemotretan atau perekaman video yang beruntun, anda butuh kecepatan transfer yang tinggi. Apabila proses transfer data melambat bisa menyebabkan video rekaman eror. Sama halnya dengan transfer foto untuk mengurangi jumlah tangkapan gambar. Jika proses pemindahan lambat maka beresiko beberapa foto blank, dan tidak bisa dibuka. Sehingga mau tidak mau anda harus mengambil ulang gambar, dan memulainya dari awal.

Pilih jenis kecepatan Class 10 yang menawarkan proses transfer data tingkat tinggi. Biasanya dalam SD Card disimbolkan dengan huruf ā€˜Cā€™, dan diikuti angka setelahnya. Logo dan angka ini menjadi tanda atas besaran speed class. Jika angka yang tercantum besar berarti kecepatan transfer datanya diatas rata-rata. Ia akan membaca data sebesar 10 MB setiap detiknya, untuk pemotretan atau rekaman beruntun.

Atau anda bisa menggunakan jenis UHS Speed Class 3, yang dikembangkan dalam kartu SDHC dan SDXC. Namun kemampuan ini dikhususkan untuk perangkat, yang memiliki UHS Interface. Cara memilih SD Card kamera yang memperhatikan kecepatan transfer data, akan memudahkan penggunanya. Tipe UHS-II mempunyai kecepatan maksimum dibandingkan tipe UHS-I, dengan kecepatan transfer sekitar 30 MB per detik.

  1. Bisa Terhubung dengan Wifi

Teknologi yang semakin berkembang membuat banyak inovasi bermunculan. Salah satunya SD Card yang bisa terhubung dengan Wifi, seperti Eye-Fi dan FlashAir. Dengan kecanggihan ini anda bisa transfer foto atau video langsung ke komputer, tanpa menggunakan kabel perantara. Bahkan bisa langsung mengunggahnya ke album online atau sosial media, tanpa perlu dipindah terlebih dahulu. Kelebihan teknologi ini membuat kinerja anda lebih praktis, tanpa adanya dua kali kerja.

Karena bisa terhubung lansung dengan iPad atau smrtphone, jadi bisa lansung menyimpan foto saat itu juga. Cara memilih SD Card kamera dengan mempertimbangkan fitur Wifi, jadi bisa langsung melakukan proses editing. Anda tinggal menginstal aplikasi editing di dalam Google Play Store, dan mengedit foto atau video dengan cepat. Namun hal ini hanya berlaku untuk foto dan video dengan tujuan kesenangan, tanpa ada unsur profesional.

  1. Perhatikan Fitur-fiturnya

Bagi anda yang ingin menyimpan berbagai foto dengan ukuran ringan, bisa gunakan memori dengan kapasitas 2-4 GB. Jenisnya cocok digunakan untuk acara kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga. Meskipun harganya cukup murah tetapi kualitasnya cukup mumpuni, dan mensupport proses transfer data dengan baik. Semakin tinggi jenis SD Card yang dibutuhkan, maka fitur yang tersedia semakin bagus.

Tidak semua SD Card memiliki fitur yang sama tergantung dari produsen, inginnya mengunggulkan sisi yang mana. Ada fitu Easy File Management untuk ruang penyimpanan yang leluasa, serta penggunaan yang friendly user. Melalui cara memilih SD Card Kamera anda akan mempelajari pentingnya BackUp Protection dan Fast Access.

  1. Jangan Lewatkan Garansi

Anda tidak pernah tahu jika terjadi kesalahan teknis pada SD Card, maka dari itu butuh kartu garansi sebagai jaminan. Beberapa produk ternama menawarkan dukungan garansi selama 1-3 tahun, apabila ada kerusakan asalkan bukan karena human error. Jadi anda tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan. Apalagi jika rentang pembelian dengan kerusakan cukup dekat, biasanya toko akan menggantinya dengan yang baru.

  1. Beli Tempat Pelindung

SD Card terbuat dari bahan plastic yang tipis sehingga mudah patah atau pecah. Oleh sebab itu saat membeli jangan lewatkan tempat pelindungnya. Jangan asal untuk meletakkan SD Card di kantong, karena terlalu beresiko mengalami kerusakan. Simpan SD Card yang sudah dibungkus pelindung di kotak pensil, atau tempat yang sekiranya aman.

  1. Dilarang Pemakaian Jangka Lama

Pixabay.com

Jika cara memilih SD Card kamera sudah terpenuhi, maka anda wajib menjaga keawetannya. Disarankan untuk tidak menggunakan SD Card terlalu lama, apalagi menancap di komputer berjam-jam. Sebab data dibuat dengan mengalirkan listrik ke dalam molekul semikonduktor. Jadi beresiko data hilang atau error selain itu komputer mengalami ketegangan listrik.

Anda bisa mengandalkan download canon instruction manual, untuk memilih SD Card mana yang baik untuk kamera. Jadi saat membeli kartu anda tidak lagi merasa kebingungan, baik dari segi kualitas dan harga. Anda bisa menyesuaikan pemilihan SD Card dengan kebutuhan, agar tidak berakhir sia-sia alias jelas terpakainya. Beberapa jenis SD Card menawarkan harga dan keunggulannya masing-masing.