Cara Membuat Kandang Ternak Jangkrik Untuk Budidaya

Permintaan pasar terhadap jangkrik terus bertambah. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya binatang peliharaan yang membutuhkan jangkrik sebagai pakan. Kondisi ini tentu dilihat oleh pebisnis yang tertarik untuk melakukan budidaya jangkrik. Apalagi, keuntungan dari bisnis ini terlihat menggiurkan. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk membuat kandang ternak jangkrik.

Cara Membuat Kandang Ternak Jangkrik

– Bentuk kandang

Kandang ternak jangkrik yang bisa dibuat dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 120 cm, dan tinggi 60 cm. Dengan ukuran sebesar ini, setidaknya bisa menampung 5 kg jangkrik atau 1 kg telur jangkrik. Di bagian bawah, kandang bisa diberi kaki dengan tinggi 20 cm dan bagian kaki kandang direndam di wadah berisi oli. Tujuannya agar hama dan predator berbahaya tidak naik dan masuk ke dalam kandang.

– Bahan Pembuatan

Bahan berupa kayu atau triplek bisa dibuat untuk kandang ternak jangkrik. Sebaiknya Anda tidak memilih bahan dari besi karena akan membuat jangkrik tidak mudah merambat ke dinding kandang. Nantinya, kandang ini dibangun bersusun ke atas sekitar 2-3 susun dan ditaruh di dalam rumah atau ruangan khusus untuk budidaya jangkrik.