Eits, Jangan Sembarangan Saat Mengasah Pisau Ya

Sering beli pisau baru karena sudah tidak tajam lagi? Sebenarnya, jika Anda menggunakan pisau sesuai dengan ketentuan, pisau Anda tidak akan mudah tumpul. Misalnya saja Anda harus beli pisau sesuai dengan kegunaannya. Jangan gunakan pisau untuk daging digunakan untuk memotong buah-buahan.

Selain itu, Anda juga harus lebih rajin mengasah pisau dnegan batu asah pisau. Ini harus dilakukan secara rutin. Apalagi untuk pisau daging. Sangat disarankan agar setelah dan sebelum memotong daging, pisau yang Anda gunakan diasah. Selain agar proses pemotongan daging lebih mudah, pisau Anda pun akan lebih tahan lama. Jadi, Anda tidak perlu keluarkan uang lagi untuk membeli pisau yang baru.

Batu Asah Pisau yang Bagus

Mungkin Anda belum tahu bagaimana cara mengasah pisau yang tepat. Namun, sebelum Anda mempelajari hal ini, Anda harus cari dulu batu asah yang bagus.

Sekarang ini, ada alat mengasah pisau yang praktis. Bentuknya seperti pisau. Ada space di mana pisau bisa dimasukkan dan diasah di space tersebut. Alat ini bisa Anda gunakan. Akan tetapi, sangat disarankan agar Anda gunakan batu asah pisau biasa saja. Bukan berarti Anda ketinggalan zaman. Anda harus tahu para chef professional justru lebih memilih menggunakan batu asah.

Akan tetapi, jangan asal membeli batu asah ya. Sangat disarankan Anda memilih batu asah carborundum atau batu asah silicon carbide. Ini batu asah yang memiliki dua sisi yang berbeda. Dua sisi ini harus digunakan secara tepat agar pisau yang Anda asah benar-benar tajam.

Memang batu asah yang satu ini dijual dengan harga yang mahal. Akan tetapi, jika Anda memilih batu asah ini, Anda tidak perlu terlalu lama dalam mengasah. Cukup asah beberapa kali lalu pisau siap Anda gunakan. Pisau Anda langsung tajam.

pexels.com

Langkah Mengasah Pisau yang Benar

Setelah Anda sudah siapkan batu asah sesuai dengan yang direkomendasikan di atas, selanjutnya Anda harus terapkan cara mengasah pisau yang benar. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Melakukan Perendaman

Jangan terburu-buru mengasah pisau. Batu asah yang Anda akan gunakan harus direndam dulu di dalam air. Lama perendaman sekitar 30 menit.

Kenapa harus direndam terlebih dahulu? Ini demi keefektifan ketika proses pengasahan dilakukan. Ketika batu direndam, maka batu akan sedikit lebih lembab. Partikel batu lebih cepat bekerja untuk mengubah pisau tumpul menjadi tajam lagi.

  1. Cari Alas untuk Tempat Batu Asah

Setelah perendaman selesai, ambil dan taruh di atas alas. Anda bisa gunakan kain kering yang tidak licin. Tujuannya agar ketika Anda mengasah pisau, batu tidak tergelincir. Sangat berbahaya jika ini terjadi. Bisa saja Anda terluka.

Oleh sebab itu, gunakan alas yang tidak licin. Taruh batu asah pisau ke atas alas tersebut.

  1. Asah Pisah dengan Bagian Batu yang Kasar

Setelah batu asah sudah siap, Anda bisa mulai mengasah pisau Anda. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, batu asah yang bagus itu yang memiliki dua sisi yang berbda. Satu sisi kasar. Satu sisi lainnya licin. Gunakan sisi yang kasar terlebih dahulu. Gunanya agar mengikis besi pisau agar semakin tipis dan semakin tajam.

  1. Tajamkan dengan Bagian Batu yang Halus

Setelah mengasah dengan bagian batu yang kasar, selanjutnya haluskan dan tajamkan dengan bagian batu yang halus. Asah hingga bagian pisau bagian bawah benar-benar tipis, halus, dan tajam. Perhatikan bagian ujung pisau. Bagian ujung harus benar-benar ditajamkan.

pexels.com

  1. Tingkat Kemiringan Saat Mengasah Pisau

Agar Anda tidak terlalu lama duduk untuk mengasah pisau, posisi kemiringan pisau harus Anda perhatikan. Jangan mengasah dengan posisi pisau tidur. Posisi pisau harus miring kurang lebih 20 derajat. Anda hanya perlu mengasah 5 sampai 10 kali saja. Dengan posisi kemiringan ini, asahkan kelima atau paling banyak ke sepuluh sudah membuat pisau Anda sangat tajam.

Itulah langkah demi langkah tentang cara mengasah pisau yang benar. Setelah selesai mengasah, Anda harus lebih berhati-hati. Karena pisau Anda sudah sangat tajam. Jika terkena jari, Anda bisa terluka.

Akan tetapi, ketajaman pisau tidak hanya dipengaruhi oleh batu asah pisau yang Anda gunakan. Kualitas besi pisau juga snagat berpengaruh. Maka dari itu, Anda harus memilih pisau yang berkualitas. Saat membeli, pertimbangkan juga desain pisau. Sekarang ini, ada banyak sekali paket pisau yang tampilannya keren. Sangat cocok untuk Anda display di dapur minimalis Anda.

Jika Anda berencana untuk merombak dapur Anda, Anda bisa cari inspirasi dari FeastHome. Anda bisa juga sekaligus mencari alat-alat dapur seperti apa yang harus Anda beli agar kesan minimalis dapur Anda sangat terasa.